Jumat, 18 Januari 2013

RPP SMP KELAS VIII SEMESTER 1 (TUGAS INDIVIDU Herlina Humaira)

TUGAS
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Diajukan untuk memenuhi tugas akhir pada mata kuliah
Perencanaan pembelajaran




Oleh :
P. MTK V-A
HERLINA HUMAIRA
2410.003


DOSEN PEMBIMBING :
Imamuddin , M.Pd



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
 SJECH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
2013 M / 1434 H


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                           : VIII ( Delapan )
Semester                      : 1 ( Satu )
Alokasi waktu             : 2 x 40 menit
Pertemuan                   : Pertama (1)

Standar Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar     : 1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus
A.       Indikator           
1.6.1  :Mengenal   persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
1.6.2  :Menentukan persamaan garis jika gambar garis diketahui.
B.        Tujuan Pembelajaran
a.       Peserta didik dapat mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel
b.      Peserta didik dapat Menentukan persamaan garis jika gambar garis diketahui.  
C.       Metode Pembelajaran
Model pembelajaran    : tipe STAD ( Student Team Achievement Division )
Metode pembelajaran  : Cooperative Learning ( diskusi, tanya jawab ), pemberian tugas.
D.       Materi Ajar
Bentuk persamaan garis lurus , jika dibuat grafiknya dengan  variabel pada himpunan bilangn nyata (real) maka akam terbentuk garis lurus. Oleh krena itu, persamaan seperti  disebut persamaan garis lurus.
Persamaan garis lurus dapat dinyatakan dalam berbagai bentuk dengan berbagai variabel seperti contoh-contoh berikut ini.


Contoh :
1.      y = -2x                                     4. s =20t 
2.      y = 3x + 4                                5. s = 60t + 40
3.      2x - 4y + 8 = 0                         6.  Q = 40 - 0,5 P           
 


Untuk menggambar grafik dari suatu persamaan yang telah ditentukan, terlebih dahulu tentukanlah paling sedikit dua titik yang dilalui oleh garis itu dengan menbuat tabel hubungan antara nilai  dan , pilihlah nilai  sembarang untuk menentukan nilai .
Contoh :
Gambarlah grafik dari persamaan y = (1/2) x!
Jawab :
Persamaan y = (1/2) x
Jika x = 0 maka y = (1/2) x 0 = 0                                                  
Titiknya adalah (0,0).
Jika x = 4 maka y = (1/2) x 4 = 2                                                
Titiknya adalah (4,2) .
Tabelnya adalah :
x
0
4
y
0
2
(x,y)
(0,0)
(4,2)
Selanjutnya buatlah garis yang melalui titik (0,0) dan titik (4,2)  seperti pada gambar disamping.
Periksalah bahwa titik (6,3), (2,1), (-2,-1), dan (-4,-2)  terletak pada garis itu, karena nilai y (ordinat) sama dengan (1/2) kali nilai x (absis).
E.        Skenario pembelajaran
Kegiatan
Aktivitas guru
Aktivitas siswa
Waktu
Karakter yang diharapkan
Pendahuluan































1.      Guru mengucapkan salam dan mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin doa.
2.      Guru mengabsen siswa
Apersepsi
3.     Mengingatkan kembali materi pelajaran sebelumnya yang menjadi materi prasyarat pada materi persamaan garis lurus.
Motivasi
4.     Guru memberi motivasi pada siswa berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.
Introduksi
5.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran




1.     Siswa menjawab salam dan berdoa



2.     Siswa merespon
absen guru

3.     Siswa mengingat kembali pelajaran sebelumnya.





4.     Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan guru.



5.     Siswa mendengarkan informasi yang disampaikan guru mengenai tujuan pembelajaran





10    enit
1.  Religius






2.  Disiplin, peduli.


3.  Berfikir, peduli.









4.  Peduli, santun, saling menghargai.





5.  Logis, saling menghargai
Inti
Eksplorasi
1.     Guru memberikan materi mengenai persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel dan cara menentukan persamaan garis lurus jika gambar garis diketahui.
Elaborasi
2.     Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok yang terdiri atas empat atau lima orang.






3.     Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok sebagai bahan yang akan didiskusikan pada masing-masing kelompok.
4.     Guru membimbing dan mengontrol siswa dalam kerja kelompok.
5.     Guru meminta siswa untuk menyerahkan hasil kerja atau diskusi kelompok. 
Konfirmasi
6.     Guru membenarkan dan memberikan umpan balik dan penguatan baik secara lisan, tulisan maupun isyarat terhadap keberhasilan siswa.
7.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal yang masih belum dimengerti.
8.     Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum berpartisipasi aktif.


1.     Siswa mendengarkan penjelasan yang guru tentang materi pembelajaran









2.     Siswa duduk berdasarkan kelompok yang telah dibentuk oleh guru dan memastikan seluruh anggota telah paham dengan materi yang disampaikan guru.
3.     Siswa mendiskusikan LKS yang diberikan oleh guru.






4.     Siswa aktif menanyakan hal yang tidak dimengerti kepada guru.
5.     Siswa menyerahkan hasil kerja atau diskusi kelompok kepada guru secara tunggal.
6.     Siswa merespon apa yang disampaikan oleh guru.







7.     Siswa menanyakan hal yang masih belum dimengerti tentang materi.




8.     Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.




























55 menit

1.     Berfikir, kreatif.













2.     Kerjasama, saling menghargai, peduli, tanggung jawab.







3.     Kerjasama, berfikir kreatif.








4.     Kerjasama, mandiri, percaya diri, kritis, logis.

5.     Tanggung jawab.





6.     Peduli, saling menghargai, santun.









7.     Percaya diri, kritis, peduli.







8.     Peduli, percaya diri.

Penutup
 1.     Guru menyimpulkan atau membuat rangkuman pelajaran bersama-sama dengan siswa.
2.     Guru memberikan kuis kepada siswa secara individu untuk memperoleh skor akhir.

3.     Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar.
4.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan brikutnya.



5.     Guru memberikan PR ( pekerjaan rumah ) kepada siswa.
6.     Berdoa pada akhir pembelajaran dan mengucapkan salam.
1.     Siswa ikut menyimpulkan pelajaran dengan guru.



2.     Siswa mengerjakan kuis dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh skor yang baik juga.
3.     Siswa merespon terhadap penjelasan guru.

4.     Siswa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru untuk pertemuan selanjutnya.
5.     Siswa merespon penjelasan guru.

6.     Siswa berdoa dan menjawab salam guru.








15 menit
1.     Kerjasama, kritis, peduli, logis, mandiri.


2.     Berfikir, mandiri, tanggung jawab, percaya diri, jujur.


3.     Peduli, saling menghargai.



4.     Peduli, saling menghargai.






5.     Peduli, saling menghargai.



6.     Religius.

F.     Sumber Belajar
M. Cholik Adinawan, Sugiono, Matematika 2A untuk SMP kelas VIII Semester 1, Erlangga, 2007.
G.    Evaluasi  
      Kuis :
     1. Dari persamaan-persamaan berikut ini, manakah yang merupakan persamaan garis lurus ?
      a.       y = 8x +2
      b.      (2x)/y = 3
      c.       2x + 3y = 6
      d.      (x/4) + y = 1
      e.       5x + 4 = 0
      f.       3x + 4xy =12
      g.      4x – 6y = 2x
      h.      (x/4) + (y/x) = 4
Jumlah nilai = jumlah skor x 10



Mengetahui,
Kepala SMP                                                                                Guru Mata Pelajaran

(nama)                                                                                                (nama)
NIP                                                                                                     NIP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                           : VIII ( Delapan )
Semester                      : 1 ( Satu )
Alokasi waktu             : 2 x 40 menit
Pertemuan                   : Kedua (2)
Standar Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar     : 1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.
A.       Indikator           
1.6.3 : Mengenal pengertian gradien dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk.
B.        Tujuan Pembelajaran
a.       Peserta didik dapat mengenal pengertian gradien dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk.
C.       Metode Pembelajaran
Metode            : Ekspositori, Tanya jawab dan Pemberian Tugas
Model             : Konstruktivisme dan Pembelajaran Kooperatif
Pendekatan     : Pemahaman Konsep dan Pendekatan Proses
D.       Materi Ajar
1.      Pengertian Gradien 
Gradien / kemiringan garis 
Perubahan nilai x dapat juga ditulis dengan Δx dibaca “delta x”, dan perubahan nilai y dapat juga ditulis dengan Δy, dibaca “delta y”.
2.      Gradien garis yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien tertentu
Untuk sembarang titik A(x1,y1) dan B(x1,y1) yang terletak pada garis, maka mAB = (y2 – y1)/(x2 – x1) atau mAB = (y1 – y2)/(x1 – x2) dengan  (y2 – y1) adalah perubahan nilai  pada y garis AB dan (x2 – x1) adalah perubahan nilai x pada garis AB.
Contoh :
Tentukan gradien garis yang menghubungkan pasangan titik  A(3,1) dan B(7,9)!.
Jawab :
Perhatikan titik (3,1) dan (7,9).
A(3,1), maka x1 = 3 dan x2 = 1
B(7,9), maka y1 = 7 dan y2 = 9
 mAB = (y2 – y1)/(x2 – x1) 
         = (9 - 1)/(7-3)
         = 8/4
         = 2
Atau                         
                  mAB = (y1 – y2)/(x1 – x2)
                           = (1 - 9)/(3-7)
                           = (-8)/(-4)
                           = 2
Ternyata hasilnya sama. Karena itu pilih salah satu cara saja.

Misalkan mp dan mq masing-masing menyatakan gradien p dan q.
a.       Garis p sejajar garis q jika dan hanya jika mp = mq.
b.      Garis p tegak lurus garis g jika dn hanya jika  mp x mq = -1 .
Contoh :
Garis k yang bergradien (2/5) tegak lurus dengan garis l. Tentukan gradien garis l!.
Jawab :
Misalkan garis k =  mk dan gradien garis l =  ml  , maka :
  mk x ml = -1
 (2/5) x ml = -1
  ml= -1 : (2/5) 
  ml= -1 x (5/2)
      ml= -(5/2) = -2 (1/2)  
Jadi gradien garis l adalah -2 (1/2) .
·    Jika gradien garis garis m diketahui dan melalui  (0,0) maka persamaan garisnya adalah y = mx.
·  Jika gradien garis m diketahui dan melalui (0,c) maka persamaan garisnya adalah y = mx + c  dengan (0,c) adalah titik potong garis y = mx + c  dengan sumbu Y. 
Persamaan garis yang melalui titik (x1,y1)  dan bergradien m adalah y – y1 = m ( y – y1). 
Persamaan garis yang melalui sembarang titik (x1,y1)  dan  (x2,y2)  adalah :
(y – y1)/(y2 - y1 ) = (x – x1)/(x2 - x1 )
Contoh :
Tentukan persamaan garis yang melalui pangkal koordinat dan bergradien -2 (1/2) . 
Jawab :
Gradien = -2 (1/2) , maka m = -2 (1/2) .
Garis melalui titik pangkal koordinat, yaitu (0,0)
Persamaan garisnya adalah y = mx 
                                            y = -2 (1/2)x

E.        Skenrio pembelajaran
Kegiatan
Aktivitas guru
Aktivitas siswa
waktu
Karakter yang diharapkan
Pendahuluan
1.     Guru mengucapkan salam dan mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin doa.
2.     Guru mengabsen siswa


Apersepsi
3.     Guru mengingatkan kembali materi pembelajaran sebelumnya
4.     Guru membahas PR yang sulit.




Motivasi
5.     Guru memberi motivasi pada siswa berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.
Introduksi
6.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.


1.     Siswa menjawab salam dan berdoa



2.     Siswa merespon absen guru


3.     Siswa mengingat kembali pembelajaran sebelumnya
4.     Siswa mengajukan pertanyaan tentang soal PR yang dirasa sulit.
 


5.     Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.



6.     Siswa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru mengenai tujuan pembelajaran.















20 menit
1.     Religius







2.     Peduli, disiplin.



3.     Rajin, mandiri.



4.     Peduli, tanggung jawab, mandiri.




5.     Peduli.







6.     Peduli, tanggung jawab.




Inti
Eksplorasi
1.       Guru memberikan modul kepada siswa.

2.       Guru meminta siswa untuk mencari informasi dari modul yang diberikan tentang pengertian gradien.
3.       Dengan cara Tanya jawab guru menjelaskan tentang pengertian gradient melalui beberapa contoh soal.
Elaborasi
4.       Guru membagi siswa beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.

5.       Guru meminta setiap kelompok untuk mendiskusikan mengenai menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk.

6.       Guru meminta siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil diskusi kelompok dan memahami dari buku dan modul tentang menentukan gradient garis lurus dalam berbagai bentuk.

7.       Guru meminta siswa utusan masing-masing kelompok menjelaskan ke depan tentang materi yang didiskusikan.

8.       Guru bersama siswa membahas beberapa contoh soal menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk.

9.       Guru meminta siswa mengerjakan soal latihan pada buku latihan.
10.   Guru berkeliling mencek pekerjaan siswa sambil memberikan bimbingan.
Konfirmasi
11.   Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi.

12.   Guru      membimbing siswa untuk melakukan refleksi.



13.   Guru membimbing siswa menemukan makna-makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan.

1.       Siswa menerima modul yang diberikan oleh guru.
2.       Siswa mencari informasi dari modul tentang pengertian gradien.



3.       Siswa ikut Tanya jawab dengan guru tentang pengertian gradien melalui beberapa contoh soal.
4.       Siswa duduk berdasarkan kelompok yang telah dibentuk oleh guru.

5.       Siswa dalam setiap kelompok berdiskusi mengenai menentukan gradient garis lurus dalam berbagai bentuk.


6.       Siswa menarik kesimpulan dari hasil diskusi kelompok dan memahami dari buku dan modul tentang menentukan gradient garis lurus dalam berbagai bentuk.
7.       Siswa utusan masing-masing kelompok menjelaskan ke depan tentang materi yang didiskusikan.


8.       Siswa ikut membahas beberapa contoh soal menentukan gradient berbagai bentuk.
9.       Siswa mengerjakan soal latihan pada buku latihan.
10.   Siswa menanyakan hal yang tidak dimengerti pada guru.


11.   Siswa mendengarkan penegasan dari guru terhadap hasil diskusi.
12.   Siswa melakukan refleksi dengan bimbingan guru.



13.   Siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan.




















45 menit

1.       Tanggung jawab, rasa ingin tahu, mandiri.

2.       Tanggung jawab, rasa ingin tahu, kreatif.





3.       Tanggung jawab kreatif.







4.        Peduli, disiplin.




5.       Tanggung jawab, kerjasama, kreatif, saling menghargai.







6.       Kerjasama, saling menghargai, kreatif, tanggung jawab.








7.       Tanggung jawab, saling menghargai, kreatif.






8.       Peduli, kreatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu.





9.       Rasa ingin tahu, tanggung jawab, peduli.
10.   Rasa ingin tahu, mandiri.





11.   Peduli, saling menghargai.


12.   Mandiri.






13.   Rasa ingin tahu, mandiri.




Penutup
1.       Guru membimbing siswa membuat rangkuman



2.       Guru memberikan kuis secara individu untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan.
3.       Guru memberikan PR untuk dikerjakan di rumah.


4.       Berdoa pada akhir pembelajaran dan mengucapkan salam kepada siswa.
1.   Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2.   Siswa mengerjakan kuis secara individu.





3.   Siswa merespon informasi yang disampaikan guru dan mengerjakan PR di rumah.
4.   Siswa berdoa dan menjawab salam guru.










15 menit
1.   Rasa ingin tahu, peduli.




2.   Mandiri, kreatif.







3.   Peduli, disiplin, tanggung jawab.


4.   Religius.


F.     Sumber Belajar
M. Cholik Adinawan, Sugiono, Matematika 2A untuk SMP kelas VIII Semester 1, Erlangga, 2007.
G.    Evaluasi
Kuis :
1.      Hitunglah gradien garis yang menghubungkan pasangan titik (4,1) dan (6,7) .
2.      Suatu garis q yang bergradien 3(1/2) . Tentukan gradien garis lain jika garis itu sejajar dengan garis q.
Jumlah nilai = jumlah skor x 10





Mengetahui,
Kepala SMP                                                                                Guru Mata Pelajaran

(nama)                                                                                                (nama)
NIP                                                                                                     NIP




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                           : VIII ( Delapan )
Semester                      : 1 ( Satu )
Alokasi waktu             : 2 x 40 menit
Pertemuan                   : Ketiga (3)

Standar Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar     : 1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.
A.       Indikator           
1.6.4  : Menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
B.        Tujuan Pembelajaran
a.       Peserta didik dapat menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
C.       Metode Pembelajaran
Model pembelajaran : tipe TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction)
Metode pembelajaran: Cooperative Learning ( diskusi, tanya jawab ), pemberian tugas.
D.       Materi Ajar
·            Persamaan garis yang saling sejajar
Jika garis dengan persamaan y =  m1 c1 dan y =  m2c2 saling sejajar maka m1 = m2.
Contoh :
Tunjukkan bahwa garis dengan persamaan y = -2x + 4 dan 8x + 4y + 12 = 0 saling sejajar.
Jawab :
g1= y = -2x + 4 , maka m1 = -2
g2= 8x + 4y + 12 = 0
                       4y = -8x - 12
                        y = (-8x - 12)/4
                        y = -2x - 3
  y = -2x - 3 , maka m2 = -2
Karena  m1 m2 , maka garis sejajar g1 dengan garis g2 .
·            Persamaan garis yang saling berimpit
Jika garis dengan persamaan y =  m1c1 dan y =  m2c2  saling berimpit maka m1 = m2  dan c1 = c2.
Contoh :
 Tunjukkan bahwa garis dengan persamaan (2/3)x - 4  dan 4x - 6y - 24 = 0 saling berimpit !.
Jawab :
g1= y = (2/3/)x - 4 , maka m1 = 2/3  dan c1 = -4.
g2= 4x - 6y - 24 = 0
                    -6y = -4x + 24
                       y = (-4x + 24)/(-6)  
                       y = (2/3)x - 4 
m2 = 2/3  dan c2 = -4. 
Karena m1 = m2  dan c1 = c2, maka garis (2/3)x - 4  dan 4x - 6y - 24 = 0  saling berimpit.
·            Persamaan garis yang saling berpotongan 
       Jika garis dengan persamaan y =  m1c1 dan y =  m2c2  saling berpotongan maka m1 ≠ m2 .
Contoh :
Tentukan hubungan antara garis dengan persamaan y = 2x + 4 dengan garis 3x + 4y = 12.
Jawab :
g1= y = 2x + 4 , maka m1 = 2     
g2= 3x + 4y = 12
               4y = -3x + 12
                y = (-3x +12)/4  
                y = (-3/4)x + 3,   maka m2 = -3/4                                             
Karena m1 ≠ m2  , maka kedua garis tersebut saling berpotongan.
·            Persamaan garis yang saling berpotongan tegak lurus
Jika garis dengan persamaan y =  m1c1 dan y =  m2c2 saling berpotongan tegak lurus maka  m1 x m2 = -1. 
Contoh : 
Tentukan hubungan antara garis dengan persamaan 4y = 6x - 8 dengan garis 2x + 3y = 6 !.
Jawab :
g1= 4y = 6x - 8
         y = (6x - 8 )/4
         y = (3/2)x - 2 , maka m1 = 3/2.
g2= 2x + 3y = 6
               3y = -2x + 6
                 y = (-2x + 6)/3
                 y = (-2/3)x + 2, maka m2 = -2/3                          
m1 ≠ m2  , maka garis  g1  berpotongan dengan g2 . 
m1 x m2 = (3/2) x -(2/3)
              = -1 
Karena m1 x m2 = -1, maka garis g1 dan g1 berpotongan tegak lurus.

E.        Skenrio pembelajaran
Kegiatan
Aktivitas guru
Aktivitas siswa
waktu
Karakter yang diharapkan
Pendahuluan
1.       Guru mengucapkan salam dan mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin doa.
2.       Guru mengabsen siswa
Apersepsi
3.       Guru mengingatkan kembali materi pembelajaran sebelumnya
4.       Guru membahas PR yang sulit.




Motivasi
5.       Guru memberi motivasi pada siswa berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.
Introduksi
6.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.


1.       Siswa menjawab salam dan berdoa





2.       Siswa merespon absen guru


3.       Siswa mengingat kembali pembelajaran sebelumnya
4.       Siswa mengajukan pertanyaan tentang soal PR yang dirasa sulit.


5.   Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.



6.   Siswa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru mengenai tujuan
20 menit
1.       Religius






2.       Peduli, disiplin.


3.       Rajin, mandiri.



4.       Peduli, tanggung jawab, mandiri.



5.       Peduli.







6.       Peduli, tanggung jawab.


Inti
Eksplorasi
1.       Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi pelajaran secara individual.
2.       Guru memberikan kuis secara individual kepada siswa untuk mendapatkan skor awal.
Elaborasi
3.       Guru membentuk beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang dengan tingkat kemampuan yang berbeda-beda.
4.       Guru meminta setiap kelompok mendiskusikan hasil belajar siswa secara individual.
5.       Guru memberikan tugas kepada siswa agar setiap angota kelompok saling memeriksa jawaban teman satu kelompok.
Konfirmasi
6.       Guru memberikan penegasan pada materi pelajaran yang telah dipelajari.

1.       Siswa mempelajari materi pelajaran secara individual.




2.       Siswa mengerjakan kuis secara individual.




3.       Siswa duduk berdasarkan kelompok yang telah dibentuk oleh guru.





4.       Siswa pada setiap kelompok mendiskusikan hasil belajar yang mereka kerjakan secara individual.
5.       Siswa saling memeriksa jawaban teman satu kelompok.






6.       Siswa mendengarkan penegasan materi pelajaran yang telah dipelajari.


45 menit

1.       Mandiri, kreatif, bertanggung jawab, rasa ingin tahu.



2.       Mandiri, kreatif, bertanggung jawab, sportif, jujur, percaya diri.


3.        Kerjasama, saling menghargai, peduli, tanggung jawab.




4.       Kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab, peduli.
5.       Jujur, bertanggung jawab, saling menghargai.





6.       Peduli.

Penutup
1.       Guru memfasilitasi siswa dalam membuat rangkuman materi yang telah dipelajari.
2.       Guru memberikan kuis kepada siswa secara individual.



3.       Guru memberi penghargaan pada kelompok berdasarkan perolehan nilai peningkatan hasil belajar individual dari skor awal ke skor kuis berikutnya (terkini).
4.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.       Guru memberikan PR kepada siswa.




6.       Berdoa pada akhir pembelajaran dan mengucapkan salam kepada siswa.
1.       Siswa membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.


2.       Siswa mengerjakan kuis yang diberikn guru secara individual.


3.       Siswa pada kelompok yang memperoleh peningkatan hasil belajar menerima penghargaan dari guru.




4.       Siswa mendengarkan informasi yangdisampaikan oleh guru.

5.       Siswa merespon informasi yang disampaikan guru dan mengerjakan PR di rumah.
6.       Siswa berdoa dan menjawab salam guru.
15 menit
1.       Kerjasama, peduli, kritis.




2.       Mandiri, kreatif, bertanggung jawab, sportif, jujur, percaya diri.
3.       Saling menghargai.









4.       Peduli.





5.       Peduli, disiplin, tanggung jawab.



6.       Religius.


F.        Sumber Belajar
M. Cholik Adinawan, Sugiono, Matematika 2A untuk SMP kelas VIII Semester 1, Erlangga, 2007.
G.       Evaluasi
Kuis 1 :
1.      Tentukan persamaan garis yang melalui titik (3,5) dan tegak lurus dengan garis y = 2x - 5 .
Jumlah nilai = jumlah skor x 10
Kuis 2 :
1.    Tentukan persamaan garis yang melalui titik (6,-4) dan tegak lurus dengan garis y = 1(1/2)x + 4 .
Jumlah nilai = jumlah skor x 10





Mengetahui,
Kepala SMP                                                                                Guru Mata Pelajaran

(nama)                                                                                                (nama)
NIP                                                                                                     NIP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                           : VIII ( Delapan )
Semester                      : 1 ( Satu )
Alokasi waktu             : 2 x 40 menit
Pertemuan                   : Keempat (4)

Standar Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar     : 1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.
A.       Indikator           
1.6.1  :Menjelaskan pengetian dan menentukan gradien garis lurus dalam   berbagai bentuk.
1.6.2 : Menentukan persamaan garis jika gambar garis diketahui.
1.6.3: Mengenal pengertian gradien dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk.
1.6.4  : Menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
B.        Tujuan Pembelajaran
a.       Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai persamaan garis lurus, yaitu mengenai persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel, cara menentukan persamaan garis y = mx + c atau y = mx jika gambar garis diketahui, mengenal dan menentukan gradien, serta cara menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
C.       Metode Pembelajaran
D.       Materi Ajar
Materi pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga
E.      Skenrio pembelajaran 
        
Kegiatan
Aktivitas guru
Aktivitas siswa
waktu
Karakter yang diharapkan
Pendahuluan
Apersepsi
1.   Guru menyusun tempat duduk siswa.

Motivasi
2.   Guru memotivasi siswa agar dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik tentang persamaan garis lurus, yaitu mengenai persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variable, cara menentukan persamaan garis y = mx + c atau y = mx jika gambar garis diketahui, mengenal dan menentukan gradien, serta cara menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
Introduksi
3.   Guru menyampaikan tujuan diadakannya ulangan harian.

1. Siswa duduk sesuai dengan susunan yang diatur oleh guru.

2. Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.

























3. Siswa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru.


5 menit

1. Peduli, tanggung jawab.


2. Peduli.






























3. Peduli, tanggung jawab.
Inti
Eksplorasi
1.   Guru meminta siswa untuk mengeluarkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
Elaborasi
2. Guru memberikan lembar soal ulangan harian.


3. Guru mengingatkan waktu pengerjaan soal ulangan harian dan memberi peringatan bahwa ada sanksi bila siswa mencontek.
4. Guru meminta siswa untuk mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
Konfirmasi
5. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.

6. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

1. Siswa merespon perintah yang disampaikan oleh guru.







2. Siswa menerima lembar soal ulangan harian yang diberikan oleh guru.


3. Siswa mendengarkan dan merespon yang disampaikan guru.



4. Siswa memberikan kertas ulangan kepada guru untuk dikumpulkan.



5. Siswa menanyakan hal-hal yang belum diketahuinya dan menjawab pertanyaan guru.
6. Guru ikut bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, ikut menyimpulkan bersama guru, dan mendengarkan penguatan yang disampaikan oleh guru.

50 menit

1.   Peduli.











2.   Peduli.





3.   Tanggung jawab, peduli, mandiri, percaya diri, jujur, kreatif.



4.   Peduli, disiplin, tanggung jawab, jujur.





5.   Rasa ingin tahu, tanggung jawab, kreatif, disiplin.
6.   Tanggung jawab saling menghargai, peduli.
Penutup
1. Guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR)  dari soal-soal dalam buku paket yang belum terselesaikan/ dibahas di kelas.


2. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

3. Berdoa pada akhir pembelajaran dan mengucapkan salam kepada siswa.
1. Siswa merespon dan mengerjakan PR dari sol-soal dalam buku paket yang belum terselesaikan / dibahas di kelas.
 
2. Siswa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru untuk pertemuan selanjutnya.
4. Siswa berdoa dan menjawab salam guru.
25 menit
1. Peduli, tanggung jawab, rasa ingin tahu, disiplin.




2. Peduli, tanggung jawab.




3. Religius.


G.       Sumber Belajar
M. Cholik Adinawan, Sugiono, Matematika 2A untuk SMP kelas VIII Semester 1, Erlangga, 2007.
H.       Evaluasi
Ulangan Harian :
1.         Gambarlah garis dengan persamaan 2x + 4y = 12 .
2.       Hitunglah nilai a jika garis yang menghubungkan titik (5a,9) dan (2a,3)  mempunyai gradien 1.
3.         Tentukan persamaan garis yang bergradien 4 dan melalui titik (0,-7) .
4.         Tentukan persamaan garis yang melalui titik (-4,-1) dan tegak lurus dengan garis y = -(2/3)x + 5 .
Jumlah nilai = jumlah skor x 10






Mengetahui,
Kepala SMP                                                                                Guru Mata Pelajaran

(nama)                                                                                                (nama)
NIP                                                                                                     NIP

2 komentar: